BENTUK DAN MAKNA LAMBANG SEKOLAH

 

 

PENJELASAN

Lambang Sekolah terdiri dari : Bentuk, Isi / Simbol dan Warna

 

BENTUK

Lambang Sekolah berbentuk Perisai Persegi 5 (lima) yang terbagi 2 (dua) bagian dengan 2 (dua) alas warna dasar berisikan simbol dadak merak diapit motif sayap burung mengembang yang pangkalnya disatukan dan diikat cincin, berpadu dengan buku terbuka, bintang, signal, obor (api), dan pita serta huruf bertuliskan “SMP NEGERI 1 BABADAN”

 

MAKNA BENTUK DAN ISI / SIMBOL LAMBANG SEKOLAH

DADAK MERAK yang terbagi 5 (lima) kolom mengandung makna alam kehidupan warga masyarakat Kabupaten Ponorogo yang pluralis sekaligus sebagai identitas wilayah Kabupaten Ponorogo.

SAYAP BURUNG mengembang masing-masing berjumlah 5 (lima) helai pangkalnya disatukan dan diikat cincin mengandung makna kehidupan yang berkembang dinamis dan demokratis tetapi tetap berpegang pada nilai-nilai lulur Pancasila dan mengedepankan Persatuan dan Kesatuan.

BUKU TERBUKA mengandung makna sumber segala ilmu pengetahuan yang luas.

PENA dengan posisi pegangan tegak kokoh berdiri bertrap/tingkat 3 (tiga) mengandung makna siswa dari 3 (tiga) tingkatan, kelas 7, 8, dan 9 yang giat dan tekun dalam belajar menuntut ilmu dan kuat dalam menggapai cita-cita.

BINTANG berjumlah 5 (lima) pada kolom bagian dadak merak mengandung makna hamparan cita-cita yang tinggi bak bintang di langit.

SIGNAL mengandung makna bahwa di dalam pembelajaran di sekolah SMP Negeri 1 Babadan telah menerapkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

OBOR (API) dengan 3 (tiga) lidah bara api mengandung makna semangat tinggi dan pantang menyerah dari tricivitas akademika / 3 warga sekolah (guru, murid, dan karyawan) dalam belajar, bekerja, berkarya, dan mengabdi.

PITA melengkung di bawah mengandung makna kreatifitas dan inovasi yang fleksibel seiring tuntutan perkembangan kemajuan jaman.

HURUF / TULISAN “SMP NEGERI” melengkung di atas mengandung makna identitas sekolah menengah pertama yang penuh dengan harapan prestasi tinggi.

ANGKA BILANGAN 1 (SATU) mengandung makna identitas sekolah urutan 1 (satu) dalam suatu wilayah kecamatan.

HURUF/TULISAN “BABADAN” di dalam pita melengkung di bawah mengandung makna Identitas Sekolah pada wilayah Kecamatan yang fleksibel dalam belajar, bekerja, berkarya dan mengabdi, selalu saling asah, asih, dan asuh.

PERISAI PERSEGI 5 (LIMA) yang terbagi 2 (dua) bagian dengan 2 (dua) alas warna dasar mengandung makna Pengabdian bidang Pendidikan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 yang dapat digunakan sebagai kelengkapan sarana kerja dalam pembinaan jiwa Korps dan motivasi kerja.

 

MAKNA WARNA PADA BENTUK DAN SIMBOL LAMBANG SEKOLAH

WARNA PUTIH pada bingkai Perisai, Buku, Bintang, dan Huruf/Tulisan mengandung makna Ketulusan dan Kesucian.

WARNA HITAM pada sebagian alas warna dasar perisai dan gelombang bunyi mengandung makna keteguhan dan kekuatan yang abadi/langgeng/tiada henti.

WARNA MERAH pada sebagian alas warna dasar Perisai dan Lidah Nyala Api mengandung makna Tekad dan keberanian yang tinggi dan pantang menyerah.

WARNA KUNING pada sayap mengandung makna Kemuliaan dan keagungan / kebesaran.

WARNA HIJAU pada Dadak merak dan Pita mengandung makna kedamaian dan kemakmuran / kesejahteraan.

 

ARTI DAN MAKNA LAMBANG SEKOLAH SMP NEGERI 1 BABADAN SECARA UTUH

“Sebagai warga sekolah/Civitas Akademika SMP Negeri 1 Babadan, Kecamatan Babadan, Kabupatan Ponorogo yang bernaung dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 di dalam belajar, bekerja, berkarya, dan mengabdi menuntut dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan selalu hidup berkembang secara dinamis, demokratif, kreatif, inovatif, dan fleksibel dengan tetap berpegang pada nilai-nilai luhur Pancasila dan selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan guna mencapai cita-cita luhur dan mulia yang dilandasi oleh jiwa yang tulus dan suci, tekad yang teguh tiada henti, dan semangat yang tinggi pantang menyerah dalam situasi kondisi yang kondusif, damai dan sejahtera.

 

Bangun kebersamaan untuk mewujudkan sekolah yang beriklim kondusif, aspiratif dan inovatif

Purwosari, Babadan, Ponorogo, Jawa timur 

 
 
(0352) 483723

smpn1_babadan@yahoo.co.id

Pengunjung

Today39
Yesterday58
This week364
This month1849
Total4737

Who Is Online
2
Online